Rabu, 22 Mei 2013

Beragam Manfaat Ubi Cilembu Untuk Kesehatan

Manfaat Ubi cilembuKetela rambat merupakan jenis umbi-umbian yang mudah ditanam. Salah satu ketela rambat atau ubi yang paling terkenal merupakan ubi Cilembu. Rasanya manis dengan sensasi madu di dalamnya. Nikmat disantap hangat-hangat bersama teman teh atau kopi.
Manfaat Ubi cilembu sangat beragam untuk kesehatan. Kaya akan serat dan vitamin A, ubi ini mempunyai mineral khusus yaitu zat besi, folat, mangan, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6, vitamin D dan vitamin E yang baik untuk kulit. Walau dengan kandungan karbohidrat, namun tetap menjadi makanan baik untuk diet.
1.    Mencegah kanker
Warna ubi Cilembu yaitu orange kemerahan. Ubi ini juga kaya akan betakaroten dan vitamin A. Umbi yang satu ini dapat mencegah kanker paru-paru dan kanker mulut. Fakta yang didapat dengan 124 ribu orang di Universitas Harvard, dengan 32 persen dapat terkena kanker paru-paru yang berkurang dengan rutin memakan ubi ini.
2.    Mengontrol gula darah
Kadar gula yang ada dalam darah akan bertambah dengan bertambahnya jumlahnya ketika mengonsumsi karbohidrat. Mereka dengan masalah pada peningkatan gula dalam tubuh disarankan mengonsumsi ubi yang dikukus dan tidak diberi tambahan saus atau gula.
3.    Mencegah serangan jantung
Ubi ini banyak mengandung vitamin B6, tubuh dapat dinetralisir dari zat kimia, homocysteine yang menyebabkan jantung. Dengan potassium mampu untuk menormalkan tekanan darah hingga tidak naik turun secara drastis.
4.    Meredakan stres
Manfaat Ubi Cilembu ternyata dapat juga meredam stres. Dinikmati saat sore hari sambil bersantai dan dengan kandungan mineral potasium yang dapat menurunkan stres. Selain itu, pemandangan sore juga membuat hati lebih tentram dan meredakan ketegangan otot di tubuh.
5.    Anti aging
Vitamin A di dalam umbi ini dapat menambah daya tahan tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan kulit dengan baik. Retinol dapat digunakan untuk produk-produk kosmetik yang baik untuk perawatan kulit, yang ternyata terkandung juga di dalam ubi.
Betakarotennya berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Sehingga terjauh dari kerutan dan noda-noda hitam yang disebabkan oleh penuaan dini. Vitamin C nya dapat menambah kolagen mampu membuat kulit lembut. Manfaat Ubi cilembu ini sangat beragam.


Sumber :  http://www.makeitaffordable.com/beragam-manfaat-ubi-cilembu-untuk-kesehatan/

0 komentar:

Posting Komentar