Senin, 20 Mei 2013

Kerajinan

Bunga Sabun




Bunga Sabun adalah salah satu bentuk kerajinan tangan yang berbahan dasar sabun mandi batangan.  Keunikan dari kerajinan tangan ini adalah bentuk dan warnanya yang menyerupai bunga. Bunga sabun ini dapat dimanfaatkan sebagai penghias sekaligus pengharum ruangan. Selain itu, cocok juga dijadikan souvenir ataupun hadiah.
Yuk kita coba bikin bunga sabun!
Caranya mudah kok. Hanya memerlukan niat, kemauan, kesabaran, dan ketekunan.. pasti bisa. hehehe…
Bahan dasar bunga sabun, yaitu:
  • sabun mandi batangan (pilih warna dasar dan wangi sesuai selera)
  • tepung tapioka/aci
  • air hangat
Bahan tambahan:
  • pewarna. saya biasa pakai pewarna makanan.
  • tusuk sate/batang lidi secukupnya.
Pada saat hendak membuat bunga sabun, sebaiknya kita warnai dulu tusuk sate/batang lidi dengan pewarna hijau hingga kering. Kemudian sisihkan.
Peralatan tambahan yang diperlukan dalam membuat bunga sabun, diantaranya adalah:
  • baskom/wadah plastik
  • parutan keju (kalau bisa, siapkan parutan keju khusus untuk membuat bunga sabun yaa.. jangan disatukan dengan parutan untuk bahan makanan)
Cara membuat bunga sabun berbentuk kuncup mawar:
  1. parut sabun batangan didalam wadah.
  2. tambahkan tepung tapioka kedalam wadah. aduk dengan tangan hingga tercampur rata. komposisi awal sabun dan tepung tapioka adalah 1:1.
  3. tambahkan air hangat sedikit demi sedikit, sambil diuleni hingga adonan sabun menjadi kalis (tidak lengket dan dapat dibentuk/dipipihkan).
  4. tambahkan pewarna tambahan, sesuai selera.
  5. ambil sedikit adonan. bulat-bulatkan. kemudian pipihkan diatas telapak tangan dengan menggunakan jari jemari kita. lakukan dengan perlahan, dan jangan terlalu ditekan kuat agar adonan tidak pecah.
  6. Jika adonan sudah cukup pipih, lilitkan pada ujung tusuk sate/batang lidi.
  7. lakukan poin 5 dan 6 berulang, pada tusuk sate/batang lidi yang sama hingga tumpukan pipihan adonan sabun menyerupai bunga.
Adonan bunga sabun ini dapat dibentuk sesuai keinginan kita. Tidak harus dibentuk menjadi bunga mawar kuncup. Bisa juga adonan kita bentuk menjadi jenis bunga yang lain.
Jika pada saat adonan sudah jadi, namun pecah ketika dipipihkan.. artinya adonan tadi kurang komposisi tepung tapioka-nya. jadi, tambahkan lagi tepung tapioka dan air hangat. uleni hingga kalis kembali.

 sumber : http://bisnisrumahanbunda.com/hobi-bunda/bunga-sabun/

0 komentar:

Posting Komentar