Selasa, 14 Mei 2013

MATERI UNGKAPAN/EXPRESION KELAS XI


  1. SATISFACTION,DISSATISFACTION ( kepuasan, ketidakpuasan)
Ketika kita akan mengungkapkan kepuasan atas kerja seseorang, kita dapat gunakan ungkapan:
  • Well done! ( Bagus  )
  • Great! Good work ( Besar )
  • I am satisfied with your work ( saya puas dengan pekerjaan  anda )
  • You did well (Kau melakukannya dengan baik )
  • Your job is satisfactory ( Tugas anda adalah memuaskan )
  • I am so happy about this (Saya sangat senang tentang hal ini )
  • I’m glad to what you’ve done ( Saya senang apa yang telah anda lakukan )
  • It’s really satisfying ( Ini benar-benar mumuaskan )
Katika kita akan mengungkapkan ketidakpuasan atas kerja seseorang, kita dapat gunakan:
  • I’m not satisfied with work (Saya tidak puas dengan pekerjaan )
  • You haven’t done well enough (Anda tidak melakukan cukup baik )
  • I am really disappointed ( Saya benar-benar kecewa )
  • Sorry, but your work is not satisfactory( Maaf, tapi pekerjaan anda tidak memuaskan )
  • Oh, no! ( Oh ,tidak )
  • It’s not very nice ( ini sangat tidak bagus )
  • It’s really not good enough ( Ini benar-benar cukup baik )
2.ASKING & GIVING OPINION (Mengajukan Dan Memberikan Opini )
    
A. Asking for Opinion
Formal :
    Have you got any comments on ….. ( Apakah anda punya komentar atas)    
    Do you have any idea? ( Apakah anda puny ide? )
    Do you have any opinion on ……( Apakah anda memiliki pendapat apapun pada)
    Would you give me your opinion on……….? ( Apakah anda memberikan pendapat anda tentang )
    What is your reaction to ….( Apa reaksi anda )
    What is your opinion about……….? ( Apa pendapat anda tentang )
    What are you feeling about………….?( Apa peraan anda tentang )
    What are your views on……….?( Apa pandangan anda tentang )
    Please give me your frank opinion?( Tolong beri saya pendapat jujur anda )

Informal
   What do you think of…….? ( Apa yang anda pikirkan )
   What do you think about………? ( Apa pendapat anda tentang )
   What is your opinion? ( Apa pendapat anda )
   Why do they behave like that? ( Mengapa mereka berperilaku seperti itu )
    Do you think it’s going ( Apakah anda piker itu akan )
    How do you like? ( Apakah anda )
    How was the trip? ( Bagaimana perjalanan anda )
    How do you think of Rina’s idea ? ( Bagaimana pendapat anda tentang ide rina )

B. Giving Opinion ( Memberikan opini )
Informal
      I think I like it.( Saya pikir saya suka )
      I don’t think I care for it.( Saya tidak berpikir saya peduli intuk itu )
      I think it’s good/nice/terrific……..( Saya pikir itu baik/bagus/hebat )
      I think that awful/not nice/terrible…………( Saya berpikirmengerikan/tidak baik/buruk )
      I don’t think much of it.( saya tidak berpikir banyak )
      I think that……..( saya berpikir bahwa )
      In my opinion, I would rather……….( Menurut pendapat saya, saya agak akan )
      In my case …..( Dalam kasus saya )
      What I’m more concerned with ….( Yang saya lebih peduli dengan )
      What I have in my mind is………( Apa yang saya miliki dalam pikiran saya adalah )
      From my point of view ….( Dari sudut pandang saya .
  
3.GIVING ADVICE (Memberikan Nasihat ) 
 
We can use this way to give our advices or opinions to someone to solve problems that happened or will be happened. Example of the structure:
  1. In my opinion,… ( Menurut pendapat saya )
  2. Maybe you should…( Mungkin anda harus )
  3. How about…d. I think…( Bagaimana...d.Saya pikir )
 4.GIVING PERMISSION ( Meminta Izin )
 
We can use this way to give permissions to the others if they asked you to get your permission to do something.
Examples of the structure:
a.Okay, you may… ( Okay, Anda mungkin )
b.Alright, you can do it.( Alringht, Anda bisa melakukanya )
c.I give you permission to…( Saya memberikan izin untuk )

5.Expressing Pleasure: ( Mengekpresikan Kenikmatan )  

The expression that you can use:
1. Great! ( Besar )
2. Terrific! ( Hebat )
3. Fantastic! ( Fantastis )
4. I’m pleased(.Saya senang )
5. I enjoyed it. ( Saya menikmatinya )
6. I love it.( Aku cinta )
7. It was terrific.( Ini hebat )
8. I’m delighted.( Saya senang )
9. It is very delighted. ( Hal ini sangat senang )
10. It is great pleasure.( Hal ini adalah kenikmatan besar )
11. I am happy (for) …( Saya senang (untuk) )
12. I am glad.( Saya senang )

6.Expressing Relief ( Mengekpresikan Bantuan )
1. What a relief!( Apa yang lega )
2. That’s a relief. ( Itu melegakan )
3. I’m very relieved to hear that.( Saya sangat lega mendengarnya )
4. I’m glad everything is running well.( Aku senang semua berjalan baik )
5. I’m glad it’s done.( Aku senag semua itu dilakukan )
6. It’s very relaxing.( Ini sangat santai )
7. Thank God for that.( Terima kasih Tuhan untuk itu )
8. Thank goodness.( Syukurlah )
9. Thank heavens.( Terima langit )
10. I feel so relieved.( Aku merasa sangat lega )

7.Expressing Pain ( Mengekpresikan Sakit )
The following are some expressions of expressing pain:
1. It’s very painful. I can’t stand it.( Ini sangat menyakitkan ,Aku tidak tahan )
2. The pain hurt me very much.( Rasa sakit menyakiti saya sangat banyak )
3. That hurts!( Ini menyakitkan )
4. Oh, my headaches.(Oh , sakit kepala saya )
5. It hurts me so much.( Sunguh menyakitkan saya sangat banyak )
6. My back pains me.( Pungungku sakit )
7. Ouch!( Aduh )
8. Oh, it’s killing me!( Oh ,itu membunuh saya )

8.Giving Warning ( Memberikan peringatan )

We can use this way to warn someone or more about somethingthat will happened. Some of the ways are just like givingcommands to the others.
Examples:
a.Be careful, or you’ll break my porcelain. ( Hati-hati anda akan memecahkan porselen saya)
b.Watch out, you might be killed.(Keluar anda )
c. Do Not ( Jangan )

0 komentar:

Posting Komentar